Valve Lakukan Nerf Pada Aghanim’s Labyrinth

Maniak Game- Beberapa hari lalu Valve selaku publisher Dota 2 akhirnya mengungkap misteri wajah dari salah satu nama ikonik dalam dunia Dota 2 yakni Aghanim, tokoh ini adalah ayah dari Rubick yang lebih dikenal sebagai salah satu item dengan fungsi memperkuat hero bernama Aghanim’s Scepter.

Valve memperkenalkan Aghanim dengan cara yang unik, yaitu mengadakan sebuah event Aghanim’s Labyrinth yang mana pemain dapat menyelesaikan sebanyak 18 tantangan dengan hero pool yang sangat terbatas namun memiliki unsur roguelike yang kental seperti sistem upgrade, item , dan beragam tantangan di setiap pertandingan.

Meski Aghanim’s Labyrinth bisa dibilang mode permainan untuk bersengan-senang dan melepas penat setelah bermain ranked atau classic 5v5, bukan berarti Valve tidak bisa memberikan update agar permainan terasa lebih imbang. Belum lama ini Valve melakukan hal tersebut, namun perubahan itu justru disambut dengan kekecewaan dari banyak pengemar Dota 2.

Update terbaru Aghanim’s Labyrinth dilakukan setelah kurang dari 2 hari mode permainan tersebut diluncurkan, Valve melakukan nerf terhadap banyak hero kuat namun tidak untuk hero yang tergolong lemah. Hal ini berdampak pada hero-hero yang terasa jauh lebih lemah dari sebelumnya, bahkan tidak sedikit menyebut bahwa menyelesaikan tingkat kesulitan Grand Magus adalah sesuatu yang mustahil tanpa strategi cheese atau dedikasi dalam mempelajari mode permainan yang harusnya bersifat menyenangkan dan santai.

Nerf ini dirasa tidak masuk akal oleh para penggemar Dota 2, pasalnya, Aghanim’s Labyrinth adalah mode permainan yang hadir selama beberapa bulan saja dan tidak akan bertahan selamanya seperti mode 5v5 dalam Dota 2, keputusan Valve untuk melakukan nerf besar-besaran dinilai semakin mengurangi unsur kesenangan dari Aghanim’s Labyrinth.

Mengingat Aghanim’s Labyrinth adalah mode permiainan dengan unsur roguelike yang kental, combo overpowered bukanlah sesuatu yang asing, tetapi ketika Valve memutuskan untuk mematikan combo tersebut, ditambah dengan tingkat kesulitan yang terus bertambah agar pemain mendapatkan hadiah yang lebih baik, rasa menyerah muncul dalam diri para pemain setelah mereka tidak memiliki cara untuk memenangkan mode Aghanim’s Labyrinth yang harusnya hanya untuk bersenang-senang.

Hadiah dari Aghanim’s Labyrinth cukup beragam mulai dari Battle Points yang bisa didapat pemain setelah menyelesaikan keempat tingkat kesulitan hingga Aghanim’s Trials yang memungkinkan pemain mendapat Baby Roshan, cosmetic legendary untuk Kunkka, Arcana, hingga efek Aghanim yang berdurasi satu minggu.