Dilarang Main PUBG Mobile, Seorang Anak Nekat Bunuh Diri!

Maniak Game – Kasus bunuh diri di India akibat kecanduan bermain game Battle Royale PUBG Mobile akhir-akhir ini telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Dan belum lama ini diketahui ada seorang anak berusia 13 tahun yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah sebelumnya sempat terjadi perselisihan dengan saudaranya ketika ingin bermain game PUBG Mobile. Peristiwa nahas tersebut merupakan kejadian ke tujuh di tahun 2020, dimana penyebab utamanya berasal dari kecanduan bermain video game di India.

Dilansir dari Indivatvnews, penyebab kematian anak berusia 13 tahun asal desa Qasbayar, India tersebut akibat gantung diri setelah sebelumnya terjadi perselisihan dengan sang kakak. Disebutkan bahwa korban dan saudaranya itu saling memperebutkan smartphone milik sang ayah untuk bermain game PUBG Mobile.

Sebelumnya masalah mengenai kecanduan video game ini sendiri memang tengah menjadi topik pembahasan di India dan Pakistan. Untuk negara Pakistan sendiri sudah mengeluarkan kebijakannya untuk mengatasi masalah kecanduan video game ini dengan membatasi waktu bermain warganya karena dianggap memberikan pengaruh buruk. Sedangkan untuk India sendiri dikabarkan akan memboikot produk-produk digital seperti TikTok, PUBG Mobile, dan Mobile Legends, terkait memanasnya hubungan antara India dan China.

Dengan banyaknya insiden yang terjadi di kedua negara yang saling berdekatan tersebut, tentunya masyarakat dan pemerintah dituntut untuk lebih aktif untuk mengantisipasi efek dari kecanduan game tersebut, guna melindungi generasi mudanya agar tidak terulang kembali hal yang sama. Mengingat untuk saat ini kasus bunuh diri akibat kecanduan video game di India dan Pakistan sudah mencapai tingkatan yang sangat memprihatikan.