Free Fire Jadi Game Terlaris di Asia Tenggara Untuk Kuartal Awal Tahun 2020!

Maniak Game – Sudah banyak hal yang terjadi pada tahun 2020 ini, dan yang paling besar tidak lain adalah wabah virus Covid-19 yang berdampak secara global, mengakibatkan banyak orang harus menghabiskan waktunya dengan melakukan isolasi diri di dalam rumah. Karena hal itu bermain video game menjadi salah satu hiburan utama bagi banyak orang, yang tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi banyak developer dan publisher game.

Lalu, game apa yang berhasil mendapat predikat game terlaris dalam quartal pertama di tahun 2020 ini? Ternyata jawabannya adalah Free Fire. Game Battle Royale milik Garena ini ternyata sangat diminati untuk wilayah Asia Tenggara dan Amerika Latin. Disampaikan langsung oleh analis Daniel Ahmad melalui tweetnya dan juga Garena sendiri menginfokan hal ini kepada Venturebeat.

Diketahui bahwa selain menjadi game yang paling diminati, Free Fire juga berhasil mengukir rekor baru untuk jumlah pemain aktif harian, tercatat mencapai lebih dari 80 juta pemain. Jumlah pemain ‘berbayar’ mereka pun kini dikabarkan bertambah menjadi 2x lipat dari tahun lalu, dan dengan jumlah keuntungan yang naik 30% saat ini mencapai 512,4 juta Dollar pada Maret 2020 lalu.

Free Fire sendiri kini masuk kedalam game mobile terfavorit ke-3 di Google Play Store, bersaing dengan game-game battle royale lain seperti Call of Duty, PUBG, dan juga Fortnite. Dilihat dari sisi Esport pun Free Fire juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana tercatat ada kenaikan dalam penyelenggaraan turnamen esport yang menjadi 2x lipat lebih banyak event turnamen online ketimbang tahun lalu. Apabila diakumulasikan dapat mencapai total lebih dari 90 juta kali tayangan.

Untuk di Indonesia khususnya, Free Fire juga menjadi salah satu game yang paling populer hingga saat ini. Free Fire sendiri mencoba berkolaborasi dengan para publik figur dalam negeri untuk menyediakan konten yang lebih bisa diterima oleh gamers lokal mulai dari merekrut Pevita Pearce sebagai bintang iklan hingga menjadikan Joe Taslim sebagai karakter paling baru dalam gamenya.