Roblox, Game Sandbox yang Secara Rahasia Mengalahkan Minecraft

Maniak Game – Nama Roblox mungkin tidak terlalu populer dibandingkan dengan Minecraft. Meskipun keduanya memiliki kesamaan, keduanya adalah kotak pasir video game di mana pemain dapat membangun game dan dunia virtual mereka sendiri.

Tapi, ada satu hal yang membedakan Roblox dari Minecraft. Di Roblox, pemain juga dapat membuat game sendiri menggunakan alat pengembangan yang ada dan juga memainkan game yang dibuat oleh pemain lain.

Ingin tahu lebih banyak tentang serba-serbi tentang Roblox? Lihatlah fakta-fakta berikut yang dirangkum oleh ManiakGame dari berbagai sumber.

1. Dirilis pada 2006

Roblox adalah hasil umpan silang dari permainan video kotak pasir dan Massively Multiplayer Online (MMO). Versi beta Roblox dikembangkan oleh CEO dan salah satu pendiri Roblox Corporation David Baszucki pada tahun 2004.

Dia segera menguji demo game di tahun yang sama. Roblox kemudian secara resmi dirilis pada 27 Agustus 2006.

2. Lebih “Populer” dari pada Minecraft

Meski namanya terdengar kurang dikenal, Roblox secara diam-diam mengambil alih prestasi Minecraft. Pada Agustus 2019, Roblox sudah memiliki 100 juta pengguna bulanan aktif.

Sementara Minecraft memiliki 91 juta pengguna aktif bulanan di pertengahan 2018. Tapi, tentu saja Minecraft masih merupakan video game terlaris sepanjang masa, hingga Mei 2019 telah menjual lebih dari 176 juta kopi Minecraft di semua platform.

3. Tersedia di Banyak Platform

Anda dapat membuat game dan bermain game di ekosistem Roblox di hampir semua platform. Anda dapat mengunduh game ini di Android, iOS, Windows, macOS, perangkat Xbox One, bahkan di perangkat realitas virtual seperti HTC Vive dan Oculus Rift.

Anda dapat mendaftarkan akun Roblox, dan membuat game dan memainkan semua game di platform ini secara gratis.

4. Ada 69 juta game yang bisa dimainkan

Melalui Roblox Anda dapat mengembangkan game Anda sendiri menggunakan alat yang disediakan oleh Roblox Studio. Gim yang dibuat memang terlihat sederhana, tetapi platform pengembangan gim ini memudahkan kreator muda untuk mengembangkan gim sesuai dengan kreativitasnya.

Saat ini, sudah ada lebih dari 69 juta game yang dibuat oleh lebih dari 2 juta pengembang di Roblox. Beberapa game yang dibuat oleh pengembang di Roblox termasuk Jailbreak, Welcome to Bloxburg, dan AdoptMe.

5. Bisa jadi Kaya Berkat Roblox

Pengembang game di Roblox dapat meraup pendapatan dari game yang mereka buat. Karena platform Roblox memungkinkan mereka untuk menjual barang virtual melalui pembelian dalam game dengan transaksi menggunakan mata uang dalam game yang disebut Robux.

Faktanya, Roblox memperkirakan bahwa pengembang di platform mereka dapat meraup pendapatan hingga USD 100 juta pada tahun 2019. Roblox juga mengklaim bahwa pengembang terkenal di platform dapat memperoleh lebih dari USD 2 juta dalam penjualan setahun dari item dalam game.

Rekan pencipta game Jailbreak, Alex Balfanz, bahkan dapat membayar uang kuliahnya di Duke University berkat pendapatan yang ia terima dari Roblox.

6. Miliki Konvensi Anda Sendiri

Roblox sering mengadakan acara-acara khusus, baik di dunia nyata maupun secara virtual. Kebaktian pertama yang pernah mereka adakan adalah ROBLOX Rally yang berlangsung pada tahun 2011.

Sejak 2015, mereka telah mengadakan Konferensi Pengembang ROBLOX tahunan. Dalam acara ini, semua pengembang Roblox yang diundang dapat mencoba pembaruan game terbaru, menerima tip dan trik dan memberikan umpan balik kepada tim Roblox.

Juga sejak 2008, Roblox selalu mengadakan Telur Paskah dalam permainan.